Jumat, 29 Mei 2009

belajar menghargai hidup

beberapa hari yang lalu gue ngerasa dapat pelajaran hidup dari teman-teman gue nih. yaa mereka ga ceramah atau bikin talkshow gitu sih, huahua lebay amat. jujur aja, gue sebagai manusia kadang-kadang masih suka ngerasa nggak puas sama apa yang gue dapat, jalani, dan lakukan sekarang. kalo ngelihat teman-teman gue itu yaa, sering banget gue ngerasa "ih enak banget ya jadi dia.  ceria terus, banyak yang suka, pintar, boleh jalan kemana-mana sama orang tuanya. sedangkan gue? apaan, nista banget hidup gue dibanding dia"
... gue tahu ga seharusnya gue punya perasaan kea gitu, jalan hidup tiap orang kan beda-beda ya.

Dan ternyata apa yang gue kira dari mereka ternyata ga sepenuhnya hidup mereka sesempurna yang gue kira. Bahkan bisa dibilang, gue sedikit lebih beruntung dibandingkan mereka. Ini gue ambil pelajaran hidup dari beberapa teman-teman gue..

Yona
 
Dimata gue, Yona itu nyaris sempurna. Dia cantik, lucu, banyak yang suka, pintar, supel, temannya banyak, ceria terus, disayang guru, famous (hampir seluruh orang di sekolah kenal dia). Dia juga dikasih kepercayaan penuh sama orang tuanya, dibolehin pacaran, dan yang enak-enak deh pokoknya dimata gue. Tapi ternyata, gue salah kalo mikir hidup Yona-ku sayang ini hidupnya nyaris sempurna kea gitu. Dia cerita, kalo dia mau ngedapatin suatu barang.. dia harus berusaha dulu. Ga semudah itu dia dibeliin barang itu sama orang tuanya. 

Waktu ngobrol-ngobrol sama gue waktu itu..

Yona: May, menurut lo bagusan Apple, dell, apa Toshiba? gue pengen beli laptop nih.
Gue: Apple aja Yon lebih asik
Yona: Iya gue juga pengennya itu. tapi ngedapatinnya yang susah may..
Gue: Susah gimana? minta aja sama orang tua lo beliin Yon
Yona: Ga segampang itu tau. Gue harus dapat peringkat dulu baru dibeliin. Itupun harus ranking 1 klo mau dibeliin Apple. kalo misalnya peringkat gue 5 besar, bisa jadi VAIO/ Apple. Tapi kalo gue cuma dapat peringkat 6-10, ngga tau deh dibeliin yang mana. Yang pasti bukan slaah satu dari keduanya.
Gue: wah ribet juga ya Yon..
Yona: Iya. Ini aja hape gue diservis lama banget kan ya. Gue udah minta sama bokap gue tukeran hape tapi bokap gue ga mau. Gue bilang minta dibeliin hape baru aja tapi bokap gue jelas ga bakal beliin. Gue minta tukar tambah aja tapi bokap tetap ga mau.
Gue: waelah Yon segitunya, hehe..
Yona: Iya nih May. Bisa lo bayangin kan, buat ngedapatin suatu barang aja gue mesti berusaha dulu. Susah banget deh. Gue minta dibeliin Nintendo DS aja ga dikasih May, ada sih PS tapi ditaruh sama bokap gue diatas. Ya sama aja bohong kan gue tetap ga bisa main juga. Suka bosan gue kalo dirumah ga ada kerjaan, teve acaranya gitu-gitu terus. Udah gitu gue cuma tinggal bareng adik gue, ortu gue kan di Cirebon may..
Gue: Loh kenapa gitu Yon? bosan banget dong lo..
Yona: jangan ditanya deh hehe. Kata bokap gue sih takut nge-ganggu pelajaran sekolah gue. Padahal sih nggak ah kalo gue pikir, biasa aja. Tapi bokap gue gitu sih, susah banget orangnya. Sekali dia bilang gitu, jawabannya ga bakalan bisa dirubah.
Gue: sabar aja ya Yon.. (speechless)
Yona: Iya May..

damn. gue langsung terdiam dengar cerita Yona waktu itu. Gue juga ngerasa agak kesindir. Dibandingkan sama Yona, bisa dibilang gue jauh lebih enak. Kalo misalnya gue pengen suatu barang nih, gue tinggal bilang sama ortu gue dan ga perlu susah-susah berusaha dulu pasti langsung dibeliin. Ortu gue juga suka banget beliin gue macam-macam, entahlah apa itu. Dan kadang-kadang gue ngerasa apa yang ortu gue kasih itu agak berlebihan. Dulu  waktu hape gue hilang diambil orang waktu ke Citos, gue langsung nangis. Dengan baik hatinya ortu gue nanya "yaudah ambil hikmahnya aja, makanya lain kali hati-hati. Sekarang mau dibeliin hape apa?"

 maaaak gue kaget. hape gue ilang bukannya dimarahin malah ditawarin hape baru. Waktu itu gue ngerasa"orang tua gue baik banget sumpaaaah". Pas gue cerita soal ini ke teman-teman gue, komentar mereka nyaris sama:

"enak banget lo May hape ilang langsung dibeliin yang baru"
"iiiih May lo enak abis ya langsung dibeliin gitu. Gue sih susah dapetnya, hape ilang yaudah pake hape bekas ortu gue"
"Hape lo ilang langsung beli yang lebih bagus ya May. enak banget hidup lo.."
"Lain kali ilangin aja hape lo terus May, pasti langsung dibeliin yang lebih bagus lagi. haha bercanda"

bzeeeet komennya-komennya, pelan sih tapi dalem. Gue jadi ngerasa terlalu enak kalo kea gini terus, gue jadi kurang punya rasa "menghargai suatu barang". Betapa susahnya ngedapatin barang-barang itu yang harus pake uang dulu baru bisa kita dapat. Dan kalo pengen dapat uang kita mesti usaha dulu, bersusah-susah dulu. Hemmm kalo kea gini rasanya pengen banget gue magang nih biar bisa ngedapatin uang dari hasil kerja gue sendiri.

selain barang, masih banyak hal yang pernah gue rasain. 
(sebelumnya maaf yaaa bukannya bermaksud sombong, gue cuma mau berbagi cerita aja kok)
Dari kecil, jujur aja gue ga pernah ngerasain yang namanya hidup susah. Semua yang gue mau pasti terpenuhi. Begitupun seterusnya sampai gue besar. Gue udah pernah ngerasain yang namanya jalan-jalan ke luar negeri. europe trip (twice), ibadah  umroh, singapore, malaysia, turkey. Dan dibandingkan teman-teman gue yang sampai sekarang ngebayangin ke singapore aja sampai ngomong begini "pengen deh kesana. tapi pasti ga bakalan pernah bisa, biayanya dari mana? kan mahal banget kalo mau ke luar negeri gitu kan ya. Keluar kota aja gue jarang banget". 
Ya Allah, ternyata tanpa gue sadari orang-orang yang gue anggap sempurna ternyata ga sepenuhnya kea gitu. Apa yang gue alami, ternyata cuma jadi impian buat mereka. Tapi gue yakin 10000 %, kalian pasti bisa nge-wujudin impian kalian itu. Ga ada yang ga mungkin. Dan apa yang gue alami, gue juga yakin pasti diluar sana masih banyak orang-orang yang punya pengalaman jauh lebih edan dari apa yang pernah gue dapat.

dan sekarang gue jadi ngerasa lenje banget kalo punya pikiran "hidup dia enak, gue kaga". Dan dari cerita Yona dan sekilas cerita gue tadi, sekarang gue jadi lebih ngehargain hidup gue sendiri. Mungkin gue emang ga dibolehin pacaran dulu saat ini, gue ga pernah diizinin kalo mau jalan sama temen gue. Ga pernah ngerasain yang namanya satnite, ga sepintar dan se se se se lainnya kea teman-teman gue. Jalan hidup kita beda-beda, punya ceritanya sendiri, dan ga selamanya kan hidup kea begini terus

buat teman-teman gue, tanpa kalian sadari kalian udah ngajarin gue hal yang sangat berharga banget soal hidup. Makasih banget yaa :)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda